Gratis Utk Guru Sek Minggu, Alat Peraga Abram & Bintang Di Langit

ABRAM & BINTANG DI LANGIT

Bahan cerita    :   Kejadian 12:1-7; Kejadian 15:1-7
Ayat hafalan    :   Ibrani 6:15 - Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang
                             dijanjikan kepadanya.  

Tujuan              :  -Memahami bahwa Tuhan selalu menepati janjiNya.
                            -Anak percaya janji Tuhan berlaku bagi anak anak.
                   
Latar Belakang:
Berdasar Brown - Driver - Brigg Hebrew Definitions, kata Abram mempunyai arti sbb:

BDB Definition:
Abram = Abram (Ibrani) = "exalted father”
1) original name of Abraham

WordStudy:
’aḇrām: A proper noun referring to Abram, the biological and spiritual father of Israel. He was born to Terah in Ur of the Chaldees.
The name means "exalted father" but was changed to Abraham, "father of a multitude" (Gen_17:5, Gen_17:9, Gen_17:15, Gen_17:17-18).
He is referred to as Abram in Genesis 12:1-17:5; 1Ch_1:27; Neh_9:7. He was seventy-five years old when God called him (Gen_12:1-18).
He was chosen by God (Neh_9:7). See entry under Abraham (H85).

Abraham bernama asli Abram. Ia adalah anak Terah, tinggal di Ur Kasdim Mesopotamia sekitar thn 2000 SM. Abram lahir ketika Terah berusia 130 tahun (mengingat Abram berusia 75 tahun ketika Terah wafat pada usia 205 tahun).

Lalu Terah membawa Abram, anaknya, serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anaknya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan, lalu sampailah mereka ke Haran (Kejadian 11:31), dan menetap di sana. Umur Terah ada 205 tahun; lalu ia mati di Haran.

Setelah itu, Abram dan istrinya Sarai, Lot (anak dari saudara laki-laki Abram, Haran), dan semua pengikutnya, kemudian pergi ke Kanaan. Abram berumur 75 tahun, ketika ia berangkat dari Haran. TUHAN memerintahkan Abram untuk pergi ke "negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu", dan berjanji untuk memberkatinya dan membuatnya bangsa yang besar.

Karena percaya akan janji-Nya ini, Abram pergi ke Shikem, dan menerima janji baru bahwa negeri itu akan diberikan pada keturunannya. Setelah membangun sebuah mezbah untuk memperingati perjanjian ini, ia pergi dan memasang kemah di antara Betel dan Ai, ia membangun sebuah mezbah lagi dan "memanggil nama TUHAN."

Di sini ia tinggal untuk beberapa waktu, sampai ketika ada perselisihan antara gembala-gembalanya dan gembala-gembala Lot. Akhirnya mereka berpisah, Abram mengizinkan keponakannya memilih lebih dahulu. Lot memilih tanah yang subur di sebelah timur sungai Yordan, sementara Abram, setelah menerima janji lagi dari TUHAN, pergi ke Mamre, dekat Hebron, dan mendirikan mezbah lagi bagi TUHAN.

Menurut  para ahli purbakala, adat di kota Haran pada waktu itu menyatakan bahwa bila istri belum punya anak, haruslah memberikan seorang hamba kepada suaminya agar punya anak.

>Silakan Download Gratis Alat Peraga (Power Point) Tentang Abram , silakan Klik gambar dibawah ini:



Panduan Cara Mendownload:


Contoh Aktivitas Abram:

Tersedia Patron Abraham + Bintang2 utk digunting dan di tempel di kertas lipat hitam


Patron Aktivitas Abram, silakan Download dengan cara mengklik gbr di bawah:

Gambar Alat Peraga Dalam Format JPEG:

 

                                           _____$$$______

Share