Mengikat Orang Kuat

 

 


Dr. Jerry Stott

Dewasa ini kita memperhatikan banyak orang percaya berpaling dari Allah. Negara-negara Eropah yang dulunya menjadi pusat kekristenan, sekarang tidak lagi demikian. Baru-baru ini saya dari Selandia Baru. Negara Selandia Baru merupakan ujung bumi seperti yang disampaikan Yesus dalam Kisah 1:8. Dulunya kekristenan begitu pesat di negara ini, sehingga ibukotanya diberi nama Christ Church. Tetapi kini mereka berkata bahwa mereka adalah negara pasca era kekristenan. Hanya sedikit orang Kristen di negri itu. Australia, juga dikenal sebagai negeri besar milik Roh Kudus. Namun sekarang hanya sekitar 3 persen dari penduduk Australia beragama Kristen. Orang Kristen Indonesia masih lebih banyak dari orang Kristen di Australia. Bahkan di Amerika, orang Kristen di Amerika tahun 1950an jauh lebih banyak daripada saat ini.


Apa penyebab hal ini ? Wahyu 12:12 – di akhir zaman Iblis datang dengan murkanya yang besar karena ia tahu bahwa waktunya sudah singkat. Iblis semakin giat karena waktunya sudah dekat. Di hari-hari terakhir, kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Matius 24:12. 

Bagaimana kita menghadapi  hal ini ? Matius 12:25, Matius 12:28-29. Kita musti mengikat setan dan menaklukkannya. Sebab biang dari segala kemerosotan rohani yang terjadi hari-hari ini adalah Iblis.

Dalam Efesus 6:10-12 kita mengetahui tentang empat tingkatan pasukan roh jahat yang harus kita hadapi dan kalahkan; 

1.    Pemerintah-pemerintah (principalities). Dalam bahasa Yunani disebut ‘arche’ artinya penghulu malaikat yang paling tinggi. Dalam Alkitab kita mengenal beberapa penghulu malaikat, antaralain Mikhael, Gabriel dan Lucifer. Tetapi Lucifer yang kemudian menjadi Iblis dijatuhkan dari sorga ke bumi karena memberontak kepada Tuhan. Bagaimana Iblis menyatakan dirinya? Dalam Yesaya 14:12-14 kita bisa baca tentang isi hati setan. Setan ingin menjadi yang tertinggi, bahkan hendak menyamai Allah. Jadi untuk melihat apakah setan mencengkeram hidup seseorang adalah apabila orang itu senantiasa ingin meninggikan dirinya.

Dari sejak semula, ada tiga ketegori dosa yang merusak manusia, yaitu keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup. 1 Yohanes 2:16. Itu adalah strategi setan untuk membinasakan. Ketika Hawa dibujuk iblis di taman Eden, pertama ia melihat buah - menarik untuk dimakan dan juga menyenangkan mata, dan waktu dimakan, mereka binasa. Bahkan ketika Yesus dicobai, pertama Iblis membujukNya mengubah batu menjadi roti = keinginan daging. Kedua, memperlihatkan kerajaan dunia  kepada Yesus = keinginan mata, dan terakhir membujuk Yesus untuk menjatuhkan diriNya dari atas bubungan bait Allah, dengan mengutip nats berbunyi ‘mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya’ = inilah keangkuhan hidup.

Keangkuhan adalah hal yang paling banyak menghancurkan manusia. Bahkan di Amerika, hal ini menyerang hamba-hamba Tuhan, dimana pelayanan mereka semakin besar, persembahannya meningkat, dan semuanya serba wah. Tetapi kalau mereka tidak berjaga-jaga, mereka akan jatuh. Kita musti rendah hati di hadapan Tuhan. Tidak peduli apa yang ada pada kita dan apa yang kita lakukan, sebab hidup kita ada di tangan Tuhan. Kita hidup bukan untuk diri sendiri tetapi untuk Kerajaan Allah.

2.    Penguasa-penguasa (powers). Dalam bahasa Yunani di sebut ‘exosuia’. Kalau dalam sebuah kerajaan, ini disebut seperti menteri-menteri atau aparat-aparatnya. Dalam Daniel 10:10-13 kita membaca bagaimana Daniel berpuasa menantikan jawaban Tuhan. Dalam penantiannya, malaikat Tuhan datang mendatanginya dan berkata bahwa pemimpin kerajaan orang Persia berdiri 21 hari lamanya menentang malaikat Tuhan sampai kemudian Mikhael datang menolongnya. Siapa yang dimaksud dengan raja Persia tersebut, sampai bisa menghalangi malaikat pembawa pesan Tuhan kepada Daniel. Itu adalah penguasa roh-roh jahat di udara. Bahkan dalam ayat 20 dikatakan lagi bahwa setelah berperang dengan pemimpin orang Persia, pemimpin orang Yunani akan datang. Bagaimana hal ini terjadi? Saya percaya bahwa di berbagai negara di bumi ini selalu ada otoritas-otoritas roh-roh yang mengendalikan pemerintahan sebuah negara. Karena itu masing-masing negara mempunyai kekhasan sendiri. Misalnya, Amerika, kebanyakan dari orang Amerika berkata bahwa mereka melayani uang, sibuk mencari uang. Tetapi Meksiko, mereka tidak terlalu rakus dengan uang tetapi mereka lebih suka bersenang-senang. Tetapi ada juga negara-negara yang tidak peduli dengan uang dan kesenangan hidup, tetapi mereka selalu ingin berperang. Kenapa bisa demikian? Saya yakin bahwa ada otoritas roh yang mengendalikan negara-negara itu dan bangsanya mengikutinya. Ini adalah benteng-benteng pertahanan Iblis yang harus kita dihancurkan.

3.    Penghulu-penghulu kegelapan (rulers of this dark world). Dalam bahasa aslinya disebut ‘kosmokrator’, yaitu pasukan yang melemahkan kekuatan dan memenjarakan kita. 2 Korintus 4:3-4. Paulus berkata bahwa pikiran orang yang akan binasa dibutakan oleh ilah zaman ini sehingga mereka tidak melihat terang Injil. Juga dalam Kolose 2:8 diperingatkan supaya jangan ada yang menawan dengan filsafat kosong dan palsu.

Lihat saja, di dunia ini begitu banyak program televisi Kristen, toko-toko buku Kristen, bahkan musik Kristen juga terdengar hampir di semua tempat. Jadi  apa yang membutakan manusia sehingga mereka tidak bisa melihat Injil? Pasukan roh-roh jahat atau ilah-ilah zaman inilah yang membutakan mereka.

Misalnya, pada abad 19, ada dusta besar yang membohongi manusia. Dimana dikatakan bahwa manusia bukan berasal dari Allah, tetapi hasil evolusi dari monyet. Saya yakin bahwa kita tidak setuju disebut berasal dari monyet. Namun walaupun tidak terbukti, tetapi banyak orang yang pikirannya dibutakan oleh pendapat-pendapat seperti ini. Di Amerika beredar sebuah buku yang tebalnya sekitar 800 halaman. Buku itu memuat rangkuman kesaksian orang-orang yang diangkat oleh UFO ke angkasa luar. Dan salahsatu kesaksian mereka yang menarik banyak perhatian adalah dimana dalam buku itu ditulis bahwa makhluk-makluk luar angkasa yang mereka jumpai katakan bahwa semua agama di dunia baik kecuali Kristen. Perhatikan bahwa setan dengan berbagai upaya membutakan mata orang dan orang berlomba-lomba untuk mengikutinya.

Karena itu dalam 2 Korintus 10:5 Firman Tuhan menegaskan bahwa segala siasat orang dan keangkuhan manusia harus dirubuhkan. Dunia akan selalu datang dengan cerita yang lain, tetapi Firman Allah harus tinggal tetap. Di zaman modern ini Iblis mencoba mengendalikan hidup manusia. Orang tidak lagi sibuk baca Alkitab, berdoa dan beribadah. Sekarang orang lebih gemar buka Facebook dan internet. Bahkan kalau dulu orang suka saling menyapa, tetapi manusia modern sekarang lebih sibuk dengan gadgetnya. Manusia mencurahkan seluruh hidupnya kepada sebuah layar kecil smartphone. Kenapa kita bisa dijarah oleh setan? Dulu saya masih ingat orang sambil berjalan dan berdoa dalam bahasa Roh. Karena itu hati-hati, jangan sampai Iblis membutakan generasi ini.

4.    Roh-roh jahat di udara. Dalam bahasa Yunani disebut ‘poneria’ yaitu pasukan-pasukan bawahan. Ini adalah pasukan yang paling rendah dalam pasukan setan. Roh ini sering menyerang kita, menggoda kita. Tetapi walaupun setan rendahan, kita musti hati-hati. 

Puji Tuhan, kalau roh-roh jahat itu tidak lagi mencengkram kita. Tetapi ingat, roh jahat bisa kembali lagi apabila tempatnya terdahulu kosong. Lukas 11:26. Bahkan ia akan mengajak tujuh roh lainnya, sehingga keadaan orang itu lebih buruk dari sebelumnya.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi hal ini? Firman Tuhan berkata, jangan beri kesempatan kepada Iblis. Efesus 4:27. Jangan memberikan ruang sekecil apapun kepada Iblis. Penuhilah ruangan itu dengan Tuhan ; Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus. Kalau rumahmu tetap penuh maka setan tidak akan pernah bisa memperdayai hidupmu. Bangun dirimu di dalam Roh Kudus. Yudas 1:20. Dimana ada Roh Allah disitu ada kemerdekaan. 2 Korintus 3:17.  Iblis tidak berkuasa kepada orang yang penuh Roh Kudus. Bd 1 Petrus 5:8. Kalau engkau penuh Roh Kudus, setan akan lari daripadamu. Akhirnya, berjalanlah di jalan yang lurus bersama Yesus. Kalau kita berada dalam satu otoritas yang benar, kita memiliki kuasa Allah dan kemenangan. Tuhan memberkati!


Ringkasan Khotbah Dr. Jerry Stott - South Pacific Foursquare Mission International USA, Minggu 4 November 2012 di GPdI Maranatha Medan

Share