GPdI Dalam Era Informasi

...And seal the book until the time of the end; many shall run to and fro, and knowledge shall be increase - Daniel 12:4

Ayat kitab suci di atas menonjolkan dua indikator akhir zaman yang amat signifikan, yaitu pertama : terjadi mobilitas manusia di planet bumi yang sangat cepat dan pesat ; serta yang kedua : manusia berhasil mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam lompatan yang luar biasa tinggi.

Fenomena pertama ditandai dengan hadirnya sistem transportasi yang memukau. Berabad-abad orang menggunakan kuda untuk segala keperluan angkutan manusia dan barang.

Tetapi kini manusia "berlari" meluncur cepat di jalan darat dengan berbagai kendaraan dengan kecepatan ribuan kali daya kemampuan kuda. Bahkan di udara manusia kini dapat terbang melebihi kecepatan suara.

Mobilitas manusia menjadi sangat tinggi diungkapkan dalam "many shall run to and fro".

Yang kedua adalah peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang begitu mencengangkan. Salah satu diantara banyak temuan hasil Iptek yang mempesona adalah komputer. Dewasa ini komputer menjadi benda "ajaib" yang dapat memuat jutaan dan jutaan informasi tentang berbagai hal.

Tentang diri manusia, tentang planet bumi kita dan tentang alam semesta. Digenapilah nubuatan yang terjadi dalam "the time of the end" (zaman akhir) ini, yaitu "knowledge shall be increase", pengetahuan akan bertambah-tambah.

Begitu dahsyatnya kesanggupan Iptek sekarang ini sehingga para tehnokrat "mendewakan" kemampuannya sebagai "tidak ada yang tidak dapat dihasilkan oleh Iptek".

Tetapi kita justru makin mengagumi rencana Tuhan, karena justru apa yang dinubuatkan Tuhan dalam Kitab Suci semua terjadi pada zaman yang sudah ditentukannya.

Generasi yang hidup di awal abad ke-21 ini dapat menikmati kehebatan komputer dengan "web-site"nya sebagai suatu instrumen memperoleh berbagai informasi. tidak heran kalau dikatakan, zaman ini adalah era"super highway information".

(Pdt. Dr. M.D. Wakkary)

Share